Saturday, July 10, 2010

Pengalaman Pertama Ikut Tes CPNS Kemenkeu 2010


slamat pagi semuwa...
#posting halaman ini, pas di pagi hari sih#

Aku selalu suka cerita tentang pengalaman idup, dan mungkin juga yang pertama kali kualami. Termasuk kali ini, ntah napa pengen nulis soal pengalaman pertama kali ikut menjajaki peruntungan di dunia PNS. Alhasil, kemarin 10 Juli 2010 tepat jam 08.00 ting tong, di Sanata Darma Yogyakarta, aku mencoba yang namanya ujian Kementrian Keuangan.


Jauh hari sebelum ujian ini berlangsung, aku sudah diberitau kakak angkatan, dan juga dengar dari kabar yang berhembus, kalo yang namanya Depkeu alias Kemenkeu, soal ujiannya slalu unpredictable..tidak terkesan sama dengan soal PNS lainnya. Hmm...tapi tetep, berhubung masih pertama? jadi ya buta akan soal PNS? bersandarlah aku pada buku-buku PNS lungsuran mbakku ( yang juga kagak lolos). hihihii...Belajar seriusan dan rutin? ahh..nggak juga. Rutinitas harian bersama bunda di rumah, tuk jadi front office cukup menyita waktu, sehingga aku tak bisa terlalu fokus belajar. Lagipula, eneg juga liat bahannya. Saking kenyang liat bahan, aku malah jadi posting en curhat colongan di blogku ini tanggal 6 Juli kemarin ( Cinta Negara = Mumet Juga ) ahahhaha..!

~Tanggal 09 Juli 2010~
S
ehari sebelum ujian, aku buka lagi website ppcpns.depkeu.go.id untuk memastikan tidak ada ralat (lagi). Yap! dari awal hingga akhir, ternyata ada beberapa ralat lokasi, kalo tidak cermat kan bisa berabe tuh. Setelah itu, aku cek lagi nomor ujianku, lokasi, dan ternyata di website juga sudah diberitaukan mengenai nomor kursi. Yasudahlah, kucatat smua nomor-nomor itu. Sore? setelah jam kerja, aku pun melenggang ke Sanata Darma Paingan untuk mengecek ruanganku. Sebenarnya tak cuma ruangan yang harus dicek, tapi juga letak KAMAR MANDI! ahaha.. wajib ini.. mengingat kamar kecil ini akan sangat dicari orang, ketika sedang ujian hidup.. ^^

-Malam Menjelang Ujian-
Setelah mengecek lokasi di Sanata Darma bersama temenku Usmin, akhirnya aku sampai rumah menjelang isya. Lalu ngobrol, makan, dan rencananya tidur. Tapi? mengingat persiapan materiku terasa kurang, aku pun membuka kembali buku-buku lungsuran, dan kitab kitab lainnya.. ^^ yang kupelajari malam itu? aljabar, aritmetika, deret angka, lalu amandemen, berita terkini slama staun? kubaca lagi, terus apa ya? yaa..sekilas soal sejarah BPUPKI, sampai Adam Smith dengan teori ekonominya pun kubaca. Sudah merasa bosan membaca? aku pun mempersiapkan berkas, dan juga baju bahkan sepatu. Semua sudah beres? bahkan supportpun juga datang dari Bunda, mbakyu-mbakyu, sahabatku tercinta, dan si Om yang malam itu juga mau merantau ke negeri kangguru. Hwaaa... oke oke..banyak yang sayang denganku. Aku ga mau mengecewakan. Minimal? aku mencoba lakukan yang terbaik besok pagi. Bismillah! :) Lalu?tidurlah aku jam 23.00, kusetel alarm 4 kali dari jam 03.00 sampai jam 04.00 (mengingat track recordku yang buruk slama ini, alarm jam 4? tapi bangun tetep jam 5!!)

-Rumah [ 02.45 - 07.00 ]
Aku terbangun! 15 menit sebelum alarmku yang pertama berbunyi. Alamak!! kepagiaaan.. aku mencoba tidur lagi? namun mata ini tumben tumbennya langsung 100watt. Mungkin ini memang saatnya aku buat bangun dan bermunajat lebih awal, agar psikisku tenang. Lalu? sholat malamlah aku..berbisik bisik pada Allah, seraya pasrah akan jalan hidupku untuk yang satu ini. Yap, soal jodoh dan karir? akhir-akhir ini slalu kupasrahkan, aku sudah tak mau lagi ngarani, dan meminta "Ya Allah,smoga aku bisa keterima jadi PNS Kementrian-amin". hmm..itu doaku duluuuuuuu..Skarang aku hanya berdoa :

"Ya Allah..Engkau yang lebih mengetahui mana yang baik untukku..
jika memang Kementrian Keuangan barokah untukku,baik untuk diriku,
orang - orang di sekelilingku, keluargaku skarang,
dan juga kehidupan anak-anak serta suamiku kelak,
smoga aku bisa diterima dsana, dan lebih bersyukur padaMu..
tapi jika tidak? smoga Engkau snantiasa memberiku petunjuk,
dimana aku bisa meraih rizkiku yang lebih baik.
Ingatkanlah hamba untuk slalu bersyukur Ya Rabb..amin"

Setelah sholat, aku pun melanjutkan membaca skilas, tak terasa sudah jam 04.00. Akupun membangunkan sobatku MamahAyu, yang juga ikut ujian kali ini. Setengah jam kemudian, bundaku yang sedang kurang enak badanpun sudah bangun (maap Bunda..pagi ini aku terpaksa ijin keluar rumah dulu..tak bisa temani bunda). I love my mom.. Sedih terkadang, mengingat tampaknya aku belum bisa menunjukkan yg terbaik untuk beliau, dan tak slalu ada dsaat beliau ingin aku ada.. ^^ Adzan subuhpun berkumandang, sgera akupun sholat subuh dan dilanjutkan dengan sarapan pagi pagi buta lalu mandi. Ntah knapa, aku merasa ingin lebih pagian saja melakukan rutinitas itu. Tepat jam 07.00 pagipun aku berangkat ke lokasi. Untungnya jalananpun masih sepi. Sebelum ke Sanata, kusempatkan diri ke Maguwo, rumah kakak keduaku untuk mengantarkan hadiah buat ponakanku tercinta. ^^

-Sanata Darma 07.40
Selesai memarkirkan motor, akupun bergegas mencari kamar mandi yang terletak di dekat ruanganku. Selama aku ke lante dua, aku melihat banyak juga peserta yang cukup kebingungan mencari ruang ( Ketauan nih! pada ga liat lokasi H-1). Ada juga yang ditungguin oleh orangtua, pacar, ataupun penggembira lainnya. Slain itu, ternyata banyak yang tidak tau nomor kursi! waduh..ribet tuh.. ga tau nomor kursi = ga tau ruangan. Tettooot!! Sudahlah! tak usah mikirin orang lain..batinku waktu itu. Selesainya dari kamar mandi, aku pun bergegas masuk ke ruang K207.

Pukul 07.40 - Pukul 10.xx
"Maaf mbak..harap tas dan papan kertasnya diletakkan di depan..yang boleh di meja cukup alat tulis dan kartu serta KTP" ujar petugasnya beberapa detik setelah aku menghempaskan diri duduk di kursi nomor 248. Weewww. ternyata tak boleh pakai papan ^^

#padahal tadi ada peserta yang ga bawa papan, trus nglarisi penjual dadakan yang ada di halaman..pasti harganya mahal banget tuh.hihiii..dan ternyata? ga kepake pula..itung itung amal yak!#

LJK pun dibagi, kami langsung diminta isi untuk data diri. Spertinya sudah 5 menit sebelum ujian dimulai, tapi aku masih melihat ada peserta yang datang nyaris terlambat, dan ngos'ngos'an. Make upnya pun jadi sdikit luntur karna keringatnya. wedew.. stres tuh pasti..pikirku.

Tepat jam 08.00 Soal Kementrianpun kami buka. Soal yang masih disegel itu, ternyata terdiri dari 4 bagian. Tiap bagian ada menitannya sendiri. Itu yang langsung kucek, aku tak mau kekurangan waktu sperti waktu tes BSM dulu. Bagian awal masih mudah. Seingatku bagian I ini terdiri dari 80 soal, 30 soal pertama? isinya samaaaa laah sperti Tes Potensi Akademik kebanyakan, yakni soal analogi, sinonim, antonim. 30 soal berikutnya? aw aw aw..ternyata tentang pengetahuan umum.

~Tuiiiiink!!~

Yang slama ini kupelajari soal info terkini? NOTHING smuwa. hihihhii!! kagak ada yang namanya aritmetika, aljabar, deret angka, pasal-pasal, tata negara, bahkan istilah ekonomi. Masih kuingat beberapa soal pengetahuan umum. Kira-kira bisa pada jawab ndak ini? kalo bisa jawab? berarti kalian lebih pinter daripada anak kelas 5 SD!!

1. Selat Gaspar menghubungkan pulau apa?
2. Pegunungan Alpen terletak dimana?
3. Tari Tor-Tor berasal dari wilayah mana?
4. Kantor berita Negara Malaysia adalah...
5. Terusan Suez menjadi penghubung antara laut apa dengan apa?
6. Pledoi istilah di bidang?
7. Tagalog merupakan bahasa negara?
8. Tanggal 9 Agustus 45, di Jepang, kota apa yang di bom oleh Amerika?
9. Lagu kebangsaan Negara Malaysia adalah?
10. Morse merupakan penemu?
11. Rugby merupakan olahraga yang berasal dari negara apa?
12. Pelukis Affandi merupakan pelukis yang beraliran?

Selanjutnya? apa ya? lupa..yang pasti keluar istilah Shakespeare. Atau soal soal pengetahuan umum kenegaraan lainnya. Pengetahuan umum mengenai berita terkini? waktu itu sama sekali tidak diulas, dan dijadikan pertanyaan.

Bagian kedua soal? lebih menyenangkan dan menuntutku untuk lebih was-was akan waktu. Soal-soal memang dibuat untuk banyak wacana, banyak bacaan, sehingga kalo terlalu tekun membaca? bisa dipastikan kurang waktu. hohhoo... ^^ Bagian kedua ini kebanyakan tentang Bahasa Indonesia, dan membuatku harus menggunakan logika berpikir untuk menjawab pertanyaan. Karna ini bukan sekedar menjawab pertanyaan bacaan, tapi menggunakan logika. Nice! Dilanjut lagi ke yang lebih "menyenangkan".

Kalo biasanya aku melihat option jawaban :
A. jika pernyataan pertama dan kedua benar serta saling berhubungan
B. Jika pernyataan pertama dan kedua benar namun tidak saling berhubungan, dst....

ataupun option (pilihlah)
A. Jika 1,2,dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar

tidak demikian halnya dalam tes kali ini. Lebih njlimet penyajiannya. Ini baru njlimet option jawabannya. Belum soalnya lho!! ahahahak! Aku lupa secara pasti option jawaban, tapi kurang lebih ya seperti ini. Pilihlah :

A. Jika pernyataan pertama saja mampu menjawab pertanyaan, sementara jika pernyataan kedua saja belum bisa menjawab pertanyaan.
B. Jika pernyataan kedua saja mampu menjawab pertanyaan, sementara jika pernyataan pertama saja belum bisa menjawab pertanyaan.
C. Jika pernyataan pertama dan kedua diperlukan untuk bisa menjawab pertanyaan.
D. Jika salah satu pernyataan saja sudah cukup untuk menjawab pertanyaan.
E. Jika kedua pernyataan tersebut dirasa belum cukup untuk menjawab pertanyaan, sehingga dibutuhkan pernyataan yang lain..

DOENK!
Bingung bacanya? sama.. hihihihi.. yaach kurang lebih kalimatnya sperti itulah. Aku lupa, yang kutau waktu itu, wah..ini soal keren bener..kalo ga dong? isi C smua ajalah. ^^

Contoh soalnya waktu itu? ( misal aja nih. Aku juga lupa sih)..

Berapakah jumlah gaji Pak Arif selama tahun 2002 sampai dengan 2010?
1. Rata-rata gaji Pak Arif di tahun 2003 adalah Rp 3.500.00/bulan.
2. Gaji Pak Arif di tahun 2002 adalah Rp 3.000.000/bulan.


~itu contoh dudul aje sih..dah pasti jawabane E, karna aku juga ngawur bikinnya.

Ya smacam itu, yang pasti ribet. Itu masih mending, karna 1 kalimat saja, smentara soal yang lain? ada yang terdiri dari 4 kalimat baru ditutup dengan pertanyaan, serta 2 pernyataan lagi. hihihii...


Udah mabok bacaan gitu? masih dilanjut ke bagian 3. Disini lagi - lagi dihadapkan dengan penalaran, dan uji kecepatan waktu pikir. Tapi lebih manusiawi yang disini menurutku. Karna option'nya lebih simpel. Waktu itu ada kolom kiri dan kanan.

Option jawaban adalah :
A. Jika nilai kolom kiri lebih besar daripada kolom kanan
B. Jika nilai kolom kanan lebih besar daripada kolom kiri
C. Jika nilai kedua kolom sama besar.
D, dan E aku lupaaaa.... ^^

Baru deh masuk ke soal. Soal nya macam -macam, matematika juga ada waktu itu.
Logika? pastilah! Contohnya waktu itu ada lingkaran sperti gambar di samping.
Dengan panjang busur 5 cm. Kolom kiri bertuliskan Keliling lingkaran = ....? dan Kolom kanan bertuliskan angka 25 cm. Tentu untuk menjawab pertanyaan, aku harus mencari keliling lingkaran. Setelah ketemu angkanya, aku bandingkan dengan angka 25. Jika ternyata keliling lingkaran > 25cm, tentu aku jawab A. tapi jika ternyata keliling lingkaran < 25 maka aku jawab B. Smetara bila keliling lingkaran = 25 cm? maka aku harus menjawab C Last? bagian ke 4, ditutup dengan sangat cantiknya oleh soal Bahasa Inggris. 30 soal pilihan ganda spertinya. Mulai dari vocab, lalu grammar, sampai bacaan. Yaa..mirip miriplah ama soal EPT LIA (lebih susah LIA,malah). Kalau saja tidak cermat, maka aku tidak sadar kalo soal ke 31 adalah essay. Yakni menerjemahkan 1 paragraf (ntah brapa kalimat waktu itu) ke dalam Bahasa Indonesia.

Waktu mengerjakan? aku langsung mendahulukan yang essay baru pilihan berganda. Karna aku yakin, waktunya pasti mefeett.. dan lebih ribet nulis essay daripada PG. Toh? kalo ntar waktu dah mau abis? kan Pilihan Ganda bisa tuh dikerjain sambil merem, pilih satu huruf, sambil berdoa agar itu hurufnya merupakan jawaban yang tepat.. ahhahaa.. #don't try this at home!#

Tepat saat waktu mengerjakan selesai? Panitia pun langsung memberi aba-aba pada kami untuk menghentikan segala aktifitas. Dan? kamipun dipersilakan untuk mengecek kelengkapan data, dan pulaaaang..!! Itulah tadi pengalamanku ikut ujian Kementrian Keuangan 2010. Menyenangkan.

Tak sabar menunggu hasil pengumuman. ahhaha... apakah aku termasuk orang yang beruntung? atau tidak? just wait and see..tak sabar pula memposting di akhir bulan. Yaa, jika keterima? maka masih ada ujian lainnya. Jika tidak? cukup menyenangkan bisa bergabung dalam ujian ini. Melatih mental, pikiran, waktu tentunya.. Dan pastinya? bila tak keterima? itu berarti Allah mempunyai rencana lain, agar aku menjemput rizki ku di jalan yang lebih berkah?mungkin. Yang lebih cocok untukku?yang lebih baik untukku dan keluargaku kelak.. aku percaya, apapun hasilnya? itu pasti yang terbaik untukku. ^^

3 comments:

  1. Referensi untuk yang mau ikutan test CPNS neh.
    http://www.cpns-id.com/?id=masesu

    Semoga sukses dan keterima ya.

    ReplyDelete
  2. Mbak...mbak

    Salam kenal ^__^

    Hadeuhhhh

    aku koq deg2an yak baca postinganmu

    aku mau ikut tes kementrian juga sih, cuma bukan kemenkeu....hadeuhhh

    Follow back yo mbak ^__^

    ReplyDelete
  3. xixiixii..dari kemarin mw uploood tes tes yang aku ikutin slama ini, belom kesampaian.. ^^ kemarin sempet ikut PU, Kesehatan, Perindustrian 2x, heee....besok ku upload dah soal2nya, seingetku tapi.. ~buat persiapan yg maw ujian taun ini~ :D salam kenal non.. :) follow back dah

    ReplyDelete