Tuesday, November 02, 2010

Semakin Kusadari Betapa Indahnya Skenario Tuhan

Dunia ini panggung sandiwara.. cerita yang mudah berubah (Nicky Astria - Panggung Sandiwara)
Sepenggal lirik lagu jaman dulu itu, awalnya tak begitu membekas di pikiran. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, smakin kusadari..memang hidup ini panggung sandiwara. Aku hanya sebagai aktor. Berusaha menjalani script dengan sebaik-baiknya. Baik tidaknya? Sutradaralah yang menilai. 

Terkadang aku merasa, kenapa naskah yang kulakoni terasa berat. Naskah yang semula ada di tanganku, kuperankan, awalnya bahagia. Membuatku senang dan ceria. Tapi beberapa saat kemudian berubah menjadi kesedihan. 

"Apa ini!?! Kenapa jadi seperti ini alurnya??"
terkadang itu tanyaku dalam pikiran.

Awalnya suka. Awalnya ceria. Berubah jadi kesedihan. Lalu berubah jadi kebimbangan. Ataupun berubah alurnya menjadi suka lagi. Benar-benar aku tak tahu lanjutan arah cerita hidupku ini. 
Semakin tua, semakin kusadari, aku benar-benar hanya sebagai aktor. Pemain dalam kehidupan. Sesuai cita-citaku semasa kecil dulu. Ingin jadi aktor. Tapi kali ini, kurasakan hebatnya jadi pemeran kehidupan. Kalau di sinetron-sinetron, mungkin narasi ceritanya hanya ada 1, dengan cadangan 1-2. Sementara dalam script kehidupan ini? aku diberikan keleluasaan memilih. Jalan mana yang kusuka. Script yang disediakan banyak, aku tinggal memilih. Tapi semua sudah ada alurnya, dan mempunyai ending cerita sendiri-sendiri. Itulah yang kurasa. 

Contoh realnya, ketika aku lulus kuliah. Setelah itu mau apa?
Pilihannya ada banyak ; melanjutkan profesi 1 tahun dengan biaya skian juta, bekerja, ataupun menikah. Bekerja pun ternyata ada lanjutan pilihan, kerja di kota sendiri, di kota lain, swasta, PNS, atau bahkan wiraswasta. Itupun masih bercabang lagi, menyasar swasta ada bermacam-macam pilihan. Wiraswasta? juga demikian. Belum lagi smisal aku memutuskan untuk menikah. Pilihannya, apakah dijodohkan orang tua? dijodohkan teman, atau cari sendiri, dll.. ^^

Itulah skenario Allah swt. Sangat hebat, kurasa. Banyak pilihan, dan kita diminta memilih sendiri alur cerita, tapi semua alur itu sudah ada rancangan cerita besarnya. Aku sangat tak suka orang yang mudah menyerah, lalu mengatasnamakan "ini sudah takdirku"atas jalan hidup yang mungkin pas-pas'an.

Doa-ikhtiar-tawakal. Memang itulah urut-urutannya. Semakin kutanamkan dalam diri. Ketika jalan hidup terasa berat, dan tak sesuai harapanku, yang pertama terbesit dalam pikiran adalah, sepertinya aku kurang berusaha, mungkin juga doaku kurang maksimal, atau memang? inilah yang terbaik menurut Allah swt. 

Memahami bahwa skenario ini yang terbaik untuk kulakoni? terkadang butuh waktu. Butuh waktu yang panjang untuk mencerna makna dari skenario hidupku. Sebagaimana hidupku 2 tahun belakangan ini. Satu tanya dalam hidupku di tahun 2008 silam, baru terjawab dua minggu yang lalu. 2 tahun lalu kurasa berat, belum kurasakan indahnya. Ternyata, baru kutahu bahwa berat di awal kemarin, ternyata mempunyai akhir indah. Sangat indah. Ini bukan akhir dari segalanya, karna itu aku masih tak tahu apalagi jalan cerita selanjutnya. Namun satu per satu, semakin kuyakin bahwa aku sungguh tak tahu apa-apa. Sang sutradara kehidupanlah yang Maha Tahu semuanya. 

Kapan waktu yang terbaik agar aku mendapat kerja..
Kapan waktu yang terbaik aku mendapat kepastian jodoh..
Kapan waktu yang terbaik aku bertemu dengan calon keluargaku..
serta rahasia kehidupan lainnya

Besok, ingin kuceritakan dalam diary ini.. ^^ apa kejadian 2 tahun lalu yang ternyata baru kuketahui hikmahnya 2 minggu silam. Besok saja.. kapan-kapan.. :)
yang pasti, membuatku semakin merasa bahwa.. 

"Tak usahlah sekali-kali aku berprasangka buruk pada jalur hidup yang sudah dipilihkan Allah swt padaku. Tak usah pula aku merisaukan akhir cerita ini. Cukup jalani skenario dengan sebaik-baiknya, agar sesuai ridho Sang Sutradara Kehidupan"


teringat pula aku akan sepenggal kalimat  

"jangan memohon pada Allah swt untuk diringankan ujian kita, tetapi pintalah ‘beratnya’ iman untuk menghadapi ujian tersebut" ^^ 

Ya..karna yang kutahu, semakin berat iman seseorang, maka ujiannya pun akan semakin tinggi. Teringat pula aku akan sebuah link dari situs jejaring fesbuk. Penggalan kalimat yang kusuka adalah :

"Aku (Allah swt) akan menyelesaikan masalahmu sesuai JADWAL yg Aku tentukan sendiri. Semua masalahmu PASTI akan Aku selesaikan, tetapi sesuai jadwalKu,.. bukan jadwalmu. ^^

ini linknya : berjudul Semalam Allah Berbisik Padaku 

Barokahillah kami senantiasa Ya Rabb...
Jagalah kami selalu dari sgala prasangka buruk akan jalan skenario hidup ini..
Kuatkan iman kami snantiasa..
dan smoga kami termasuk dalam kategori hambamu yang selalu sabar...
serta tak mudah menyerah.. 
innallaha ma'ana..sesungguhnya Allah swt selalu bersama kita :)

backsound : Insyaallah - Maherzain 
~lagu kesukaanku akhir-akhir ini~

Everytime you feel like you cannot go on...
You feel so lost..
That your so alone..
All you see is night.. 
And darkness all around..
You feel so helpless..
You can’t see which way to go....
Don’t despair and never loose hope...
Cause Allah is always by your side..
InsyaAllah..InsyaAllah..InsyaAllah.. 
InsyaAllah you'll find your way.. ^_^



2 comments:

  1. mbak,, bagus.. mengena sekali..
    makasih.. ^^

    ReplyDelete
  2. hai :) salam kenal..
    trims sudah mampir...
    sudah lama ndak posting disini ne :)

    ReplyDelete