Friday, January 28, 2011

Tak Sekedar Hobi



Sewaktu aku kecil, seingatku....aku selalu diberikan dongeng sebelum tidur. Oleh Bunda, ataupun Mbakku. Sewaktu kecil pula, aku terbiasa melihat mbak-mbakku, dan orangtuaku membolak balikkan halaman buku, ataupun koran di pagi hari. Aiih, kebiasaan itu..membuat Fitri kecil jadi tumbuh menjadi anak yang doyan membaca. 

Masih lekat dalam memoriku, buku buku petualangan Lima Sekawan, Malory Towers yang bercerita soal asrama perempuan, Cinderella, Alice in Wonderland, Snow White, ataupun setumpuk majalah Bobo yang dulu harganya Rp 500,00 (sekarang sepertinya sudah Rp10.000). Atau ensiklopedi Ayahanda yang sering kucuri curi lihat. Yaaaps..banyak yang bisa dibaca di rumah. Di bawah sadar, aku kian suka baca. Tapi tidak sampai kutu buku sih, yang kemana-mana wajib 'ain bawa bacaan.. ^^

(ketauan yak, waktu kecil...bacaannya jaoooh dari ajaran agama..xiixixiii... Yaaa begitulaaa, untung gedhenya tetep bisa mengenal lebih dekat dunia Islam)

Efek dari itu? Ketika SMA dan sampai sekarangpun, aku punya tempat favorit buat melepas penat. Toko buku. Ahahak, bagi sebagian teman dekatku, mereka tampaknya mengernyitkan dahi ketika aku bilang, ingin refreshing ke salah satu toko buku. "Refreshing kok disono?" ujar salah satu sobatku. "Emang mau nyari buku apa?" yang langsung kujawab, "kagak tau..cuman pengen ngadem disono, baca-baca gratisan" kataku sambil nyengir.
Entah mengapa, daripada belanja, liat-liat tas ataupun baju? aku lebih suka berada di G*amedia. Sendirian. Minim setengah jam aku disana, biasanya sih sekitar sejam. Baca apa? humm...seinginnya hati saja..Makanya niat, ubeg-ubeg rak buku yang di pojok kanan, trus berlanjut ke seberang pojok kiri. Kalau ada yang menarik? buka buka bentar, baca.. :)

Kenapa mending di tempat yang identik mahal itu? hehehee.. Alesannya simpel aje sih. Aku nyaman disana. Tidak bising, adem, serta tata ruangnya ga bikin aku terpaksa bilang "maaf,misi pak..permisii buu"...seperti kalau aku di toko buku lainnya. Bukannya promosi, tapi memang kalau untuk sekedar ngadem? aku milih ada di sana. Tapi kalau memang sudah ngincer buku dari rumah? biasanya aku langsung melangkahkan kaki ke So*ial Agency. 

Jadi teringat..
Berapa kali sendiri yak?aku janjian ama teman-temanku disini? heee.. ^^ daripada bingung mau janjian dimana untuk awalnya, aku terkadang selalu menceploskan "G*amedia* ajaa buat ketemuan. Niatnya sih, supaya aku datang lebih awal, bisa untuk ubeg ubeg buku dulu, baru ntar keluar. Ketemuan ama sobat? terkadang juga di sini. Suka senyum sendiri juga kalau inget kejadian di SMA. 

Dulu kakak kelasku ada yang demen ngajak aku keluar, ampe 1.001 alesan, nemenin dia cari kado, nonton, lunch, atau apapunlah..selalu aku bilang "ndaaak ah..maaph". Tapi ketika dia ngajak aku, ke G*amedia yook.. di bawah sadar, aku mau. ckckck...  :) Eh, ternyata, beberapa taun kemudian, kalo bersua ama si kakak ini (yang skarang jadi teman lelaki terdekatku), kami juga memilih G*amedia sebagai salah satu tempat kunjungan kami. Ngobrolkah kami disitu? ahahhaa..sayangnya tidak! Kami punya satu kesamaan, sama-sama lebih suka ubeg-ubeg sendiri, dan jalan terpisah kalau di tempat itu..Untungnya, kami sama-sama berasal dari keluarga besar ekonomi, minimal..kalo dia pegang buku bernuansakan itu? aku bisa ikutan lirik-lirik dah..dan nyambung.. ^^Untunglaa punya calon yang sama-sama demen pergi kemari.. 

Emang kalo ke G*amedia, aku lebih demen sendirian. Soalnya kalau ditemani? iya kalau partnerku ga bosen.. hehhehe.. Sobat deketku ada yang ga demen ama buku. Ke toko buku ya cuman kalo disuruh beli referensi. Aiiih, dia ga betah nemenin aku di tempat itu. hohohoo.. Sepertinya kalau ada pilihan, mending mana : Toko buku, atau mall.. tampaknya dia pilih option kedua. ahahahak! *sementara aku?kebalikannya, kalau ga diwajibkan cari baju, cari sepatu..spertinya aku ga bakal ubeg-ubeg deretan baju untuk sekedar liat liat saja!* mending ke Toko buku dah, walau ga diwajibkan cari buku...tetep jatuh hati jalan jalan disana. 

Buku apa yang aku suka? ga ada spesifikasi khusus. Aku lebih mengenal dunia agama juga dari buku. Bukan dari keluarga. Jadi terkadang, di bawah sadar aku juga membaca di deretan buku-buku islami itu. Yang menceritakan kisah di sekeliling kita sih. Belum bisa baca yang *seriusan tentang agama*. Kalau akhir-akhir ini? ummmmph..tampaknya aku lagi demen mengunjungi rak buku resep masakan! *walaupun cuman diliatin doank, manggut-manggut, ditimang-timang, kalo toh dibeli? di rumah juga jadi pajangan selama sekian bulan, baru dipraktekin!* ^^
Yaaaa..terasa sajalah..bahwa ternyata kata-kata "membaca membuka cakrawala dunia" itu benar adanya. Pantes juga ayat pertama yang turun dulu adalah "Iqra.." baca.. tak sekedar baca asal baca, tapi baca yang diresapi, lalu diterapkan, dan diajarkan pada sekitar. Nice..  Dari membaca, aku jadi tau banyak hal, dari resep masakan, resep menjaga hati pasangan  resep menjaga hubungan baik dengan atasan, resep menata masa depan, dll, dsb, dst. Kalau ada yang bilang "aah,,mainnya teori! teori di buku beda ama asli..", sambil senyum aku pasti akan bilang, "masih mending udah baca bukunya.. jadi punya landasan teori kalau mau praktek..jadi udah punya gambaran, dan persiapan hati" :)

Pantes saja Al-Quran dijadikan bacaan wajib. Karna Al-Quran jadi landasan teori kehidupan kita. Alhamdulillah dah, aku dibesarkan di lingkungan yang demen baca..Alhamdulillah juga dulu aku didongengin sebelum tidur. Merasakan hangatnya komunikasi internal keluarga? kedekatan dengan Bunda, Ayahanda ataupun Kakak. Semoga kelak aku juga bisa selalu menerapkan kedekatan itu ke anak-anakku nantinya.. Sesibuk apapun aku.. Being a Mom? dekat dengan keluarga? itu yang utama.. :)

4 comments:

  1. ga perlu di sensor kalee klo masang potonya segede gambreng kyk gitu (g*amedia -red)...btw dah jadi org jakarte ni yee...dah ngerti kosakata baru: "demen". tp,del...tyt kalakuan mu ga jauh2 kyk ak. doyan nyari toko buku nyaman, trus baca gratisan hahaha...ujung2ny beli buku yg diskonan + dpt sampul

    ReplyDelete
  2. wkwkwwkwk...ntu cuman biar ga nyangkut di search engine ajee..eh ajaaa dink.. #masih jogja tulen# emang ga niat nyensor sih. ahahahak..
    btw kok aku ga pernah bersua romanticpanda yak.. di toko buku nyaman? :p ataw ada tempat lain? ^^ Toga Mas mestii... nek aku seneng cafe-ne.. ^^

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

    KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia


    Promo yang diberikan :

    Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
    Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
    Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
    Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
    Memiliki link alternatif : KharismaPoker.net.
    CS nya banyak , jadi pelayanannya cepat.
    Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya.
    Bonus CASHBACK 0,5% setiap minggunya.
    Contact resmi kharismaPoker :

    Telp :+85588278896
    BBM;dc7cdd80

    ReplyDelete