Thursday, September 30, 2010

Di Penghujung Waktu

Bulan kesepuluh di tahun 2010. Bakal ada tanggal cantik di bulan dan tahun ini. Jatuh tepat pada tanggal 10 bulan 10 tahun 2010. Sebenarnya bukan tanggal cantik ini yang akan kubahas. Aku lebih ingin membuat tulisan bahwa ini sudah bulan ke 10. Sementara setaun itu hanya ada 12 bulan. Praktis, waktu di tahun 2010 ini tinggallah 2 hingga 3 bulan. Lalu bergantilah ke tahun 2011. 

Tahun lalu? aku masih berkutat dengan skripsiku. Tahun lalu pula, aku mendapati sahabatku bersiap-siap wisuda cumlaude di bulan November. Yap, tak terasa waktu berjalan sangat cepat. Semalam, aku pun bertanya pada diriku sendiri. 

Apa yang sudah kulakukan selama tahun 2010 ini? Sudahkan target hidupku di 2010 ini tercapai?
Hanya tersisa 3 bulan, untuk mewujudkan sisa-sisa mimpi yang belum terwujud. Hanya tersisa 3 bulan untuk merangkai mimpi baru untuk diraih di tahun 2011. Itupun jika Allah swt berkehendak umur kita sampai di 2011. Apa yang sudah kulakukan selama ini? Hmmm... sekilas aku melihat bayangan diriku setahun ini, dan juga bayangan orang-orang di sekelilingku. Apa saja yang sudah terlewati ? 

2010 

Tahun ini ? yang pasti aku sudah mewujudkan 1 citaku. Lulus. Itupun sebenarnya dengan sedikit catatan hidup, karna aku lulus agak terlambat dari yang kujadwalkan. Time is money. Itu masih berlaku dalam hidupku. Teman-temanku satu per satu sudah mulai kerja. Yang invest pendidikan? juga sudah mulai menunjukkan hasil. Menambahkan 1 titel lagi di belakang titel S.E. Begitupun dengan teman-teman dekatku yang bukan berasal dari ekonomi. Kelanjutan akan studi profesi mereka? tampaknya sudah mau selesai. Itu yang sudah mereka lakukan setahun belakangan ini. Ada juga temanku, tepat di usia 22 tahun sekian hari, dia mengepakkan sayapnya ke Negeri Sakura. Setelah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi 1 tahun ke depan di Tokyo.  Di lain sisi, kulihat temanku pun juga satu per satu mulai menikah. Bahkan ada juga teman dekatku yang  saat ini sedang hamil anak keduanya. 
"Itulah mereka, dengan jalan hidup mereka sendiri-sendiri. Membangun karir, memperdalam studi, ataupun membangun keluarga."

2010 

Berkaca pada pengalaman teman-temanku. Memang ada yang belum lulus kuliah. Tapi aku tak akan bertanya alasan di balik itu. Banyak hal-hal pada orang lain yang tak kita ketahui. Tak adil jika aku menghakimi mereka yang belum lulus itu karna mereka kurang rajin. Ada 1001 alasan di balik itu. Toh, kesuksesan seseorang, tak melulu dinilai dari lulus tidaknya. Walau memang terkadang *parameter serta penilaian masyarakat* itu cukup mengganggu. Aku salut dengan temanku, yang dia memang belum lulus. Tapi sambilan dia? cukup banyak. Sudah menghasilkan uang, dan kuliah tetap jalan. Terlambat lulus? iyaa... tapi dia mencetak kesuksesan di jalan dia sendiri. Nice!

Ada juga temanku yang sudah bekerja, serta merintis karir wiraswasta. Menjadi pegawai di suatu bank swasta, lalu mulai merintis usaha parfum di sana. Keberaniannya membuka usaha itulah yang patut kuacungi jempol. Selain itu? Kudengar pula si Mr. X, seseorang di masa laluku juga mulai merintis usaha di tahun ini. Tak tanggung-tanggung, ketika kudengar cerita di balik bisnisnya itu, menurutku dia mengambil resiko yang cukup tinggi dengan modal yang lumayan besar. Itupun masih dengan statusnya sebagai pegawai swasta di daerah Jabar sana. Akupun sudah berkata padanya, suatu saat, pasti aku akan meguru padanya. ^^ Tak usah jauh-jauh, kulihat pula mbakku yang nomor tiga akhirnya berhasil menggolkan usahanya. Merintis dari nol, di pertengahan tahun ini. Yang tampaknya akan segera disusul oleh mbakku pertama di akhir tahun. 

Lalu bagaimana denganku? apa yang sudah kucapai? Sampai kapan aku melihat kesuksesan orang-orang di sekelilingku..Cerita mereka kian mencambukku. Karna kupikir, aku masih belum begitu meraih mimpiku. Selama ini, cerita orang lain yang mencambukku. Membuatku lebih bangun dan berlari menggapai mimpi. 

Aku ingin, secepatnya aku bisa membuat cerita hidup yang membuat orang lain akan tercambuk. Membuat orang lain akan lebih berlari mengejar mimpi mereka, karna salah satunya mendengar cerita hidupku. 
Saatnya lebih merapatkan barisan. Merapatkan diri. Fokus-fokus dan fokus. Smoga waktu yang tersisa ini membuat kita semua kian baik. Mari berlari, meraih mimpi yang belum terselesaikan. Seuntai kalimat yang kutulis di FBku pagi ini...doaku untuk kita semua.. ^^ 


Oktober, akhirnya datang juga..^^ smoga bisa lebih baik, kian dibarokahi Allah swt, kian ditetapkan jalan hidup, kian dimudahkan dalam menggapai cita, serta dikuatkan tatkala ada kesulitan...amin amin..hohoo...bismillah.. ^^

No comments:

Post a Comment